-->

2 Cara Mengubah Spreadsheet ke PDF tanpa Aplikasi

Juni 13, 2024

Tidak hanya microsoft excel, Spreadsheet sebagai aplikasi pengolah data dari Google kini juga memiliki pengguna yang tidak kalah populer. Banyaknya orang menggunakan aplikasi ini tentu saja tidak terlepas dari fakta bahwa Spreadsheet memberikan banyak kelebihan dibandingkan aplikasi lain, dimulai dari berbasis cloud yang bisa diakses secara online, sampai kemudahan untuk melakukan kolaborasi dengan pekerja lain.

 

Tidak hanya menjadi aplikasi pengolah data, spreadsheet juga bisa menjadi aplikasi untuk berbagi atau bahkan menyimpan data kita secara online melalui Cloud Awan dari Google Drive.

 

Selama menggunakan aplikasi ini, apakah kamu pernah melihat seseorang yang melampirkan data Google Spreadsheet dengan format PDF?

 

Apakah hal ini bisa? dan bagaimana cara merubah spreadsheet ke pdf? typograp.com kali ini akan membahas hal ini secara lengkap, jadi simak artikel ini sampai habis ya.

 

Apakah Kita Bisa Mengubah Spreadsheet jadi PDF?

2 Cara Mengubah Spreadsheet ke PDF tanpa Aplikasi

Seperti yang kita tahu, Spreadsheet atau Excel adalah aplikasi yang biasa kita gunakan untuk mengolah data. Ketika kita mengolah data menggunakan Spreadsheet atau Excel, maka file yang kita buat akan bisa kita simpan dalam format xlsx.

 

PDF adalah format yang sangat berbeda dengan hal ini, dimana PDF sebenarnya merujuk pada Portable Document Format (Format Dokumen Portable) dimana jenis dokumen ini biasanya digunakan pada saat kita membutuhkan file yang bisa kita cetak dengan mudah, namun tidak lagi bisa diedit.

 

Dalam hal ini, tentu saja, PDF sebenarnya lebih dekat dengan dokumen dari Google Docs atau Microsoft Word. Lalu pertanyaanya, apakah file pada Spreadsheet atau Excel bisa kita konversi ke PDF?

Baca Juga: Cara Cek Typo Dokumen Online secara Mudah

Jawabannya adalah bisa, dan ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, baik langsung melalui Spreadsheet atau menggunakan aplikasi dan tools pihak ketiga.

 

Cara Mengubah spreadsheet ke PDF

Seperti yang sudah kami jelaskan, setidaknya ada 2 cara yang bisa kita gunakan untuk mengubah file spreadsheet atau excel ke PDF, dan berikut dua cara yang kami maksud:

 

1. Langsung Download di Spreadsheet

Cara mengubah spreadsheet jadi pdf yang pertama adalah langsung melakukannya di spreadsheet, cara ini relatif lebih simple, karena kita kita tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga, dan file yang kita download akan langsung memiliki format PDF.

 

Dan enaknya lagi, cara ini tidak hanya bekerja pada laptop, namun kita juga bisa melakukannya di handphone. Berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan:

 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengolah dan menata data yang kamu miliki di spreadsheet terlebih dahulu, dan pastikan memiliki tampilan yang menarik.

 

Agar setiap kolom atau tabel yang kamu isi memiliki format yang jelas pada versi PDF nanti, pastikan kamu sudah memberikan border, misalnya seperti gambar dibawah ini:

Jika masalah tampilan sudah selesai, silahkan ikuti panduannya dibawah ini:

 

  • Klik menu file yang ada di kanan atas pada Spreadsheet paling kiri.
  • Lalu pilih menu download.
  • Pilih PDF.
  • Kita akan diarahkan pada halaman preview, disini kita bisa melakukan pengaturan tampilan halaman, dimulai dari ukuran kertas, orientasi halaman, skala, sampai margin.
  • Jika semua hal sudah kamu atur dengan benar, silahkan klik menu "ekspor" yang ada di bagian kanan atas berwarna biru.

 

2. Menggunakan Tools Pihak Ketiga

Bagaimana jika file spreadsheet atau excel yang kita miliki sudah tersedia dalam bentuk file jadi? untuk kasus yang seperti ini, kita bisa menggunakan aplikasi converter excel ke PDF milik pihak ketiga, yang bisa mengubah file dengan format xlsx menjadi format PDF.

 

Sistem kerja aplikasi atau tools seperti ini sebenarnya cukup sederhana, yakni kita hanya perlu mengupload, dan tools yang akan langsung mengubahnya menjadi file PDF yang bisa kita download. Ada beberapa website yang memiliki tools konversi excel ke PDF, yakni:

 

  • ilovepdf.com: melalui link https://www.ilovepdf.com/id/excel-ke-pdf
  • smallpdf.com: melalui link https://smallpdf.com/id/excel-ke-pdf
  • adobe.com: melalui link https://www.adobe.com/id_id/acrobat/online/excel-to-pdf.html
  • pdf2go.com: melalui link https://www.pdf2go.com/id/excel-ke-pdf

 

Jika kamu hendak menggunakan cara ini, silahkan download terlebih dahulu file spreadsheet atau excel kalian, lalu kunjungi website tersebut, dan upload file kalian ke website tersebut.

 

Selanjutnya kita hanya perlu mengikuti step by step yang ada disana, sampai file dengan format PDF kita siap di download.

Baca Juga: 5 Cara Kirim File Ukuran Besar di Email

Itulah dua cara mengubah spreadsheet ke pdf, yang bisa kita lakukan di laptop atau di hp kalian, yang kurang lebih langkah-langkahnya sama. Sangat mudah bukan? Jika membutuhkan tutorial lain, silahkan cari panduannya di typograp.com, atau kamu juga bisa mengekspor berbagai tools yang kami miliki dibawah.

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Google News

Ikuti typograp.com di instagram

Advertisement