-->

5 Cara Kirim File Ukuran Besar lewat Email Gratis

Juni 12, 2024

Sejak lama, email sudah menjadi media untuk berbagi pesan, yang bahkan media ini sudah digunakan jauh sebelum aplikasi pesan instan seperti WhatsApp muncul. Hingga saat ini, email umumnya digunakan terkait pekerjaan, entah untuk mengirimkan pesan berupa teks, atau mengirimkan file tertentu.

 

Meski media ini sangat membantu, namun beberapa aplikasi email populer seperti Gmail atau Outlook juga memiliki batasan, salah satunya tidak bisa mengirim file yang ukurannya terlalu besar. Gmail misalnya, hanya memperbolehkan pengguna untuk melampirkan file sebesar 25 MB saja. Kebijakan yang sama juga berlaku pada email Outlook.

 

Apakah itu artinya kita tidak bisa mengirimkan file berukuran besar, lebih dari 25 MB melalui email tersebut? Tentu saja bisa, namun alih-alih langsung melampirkan melalui email, kita harus menggunakan aplikasi lain. Dalam kesempatan kali ini, kami akan membagikan 5 cara kirim file besar lewat email.

 

Cara Kirim File Ukuran Besar lewat Email

5 Cara Kirim File Ukuran Besar lewat Email Gratis

Karena aplikasi email umumnya hanya memperbolehkan melampirkan 25 MB, maka agar aktivitas kirim-kirim file pekerjaan berukuran besar tidak terganggu, kita membutuhkan aplikasi cloud awan atau file sharing yang memungkinkan kita untuk menyimpan dan membagikan file yang kita upload melalui link tertentu.

 

Jadi kita perlu mendaftar terlebih dahulu pada aplikasi file sharing, mengupload file yang hendak kita kirim, lalu mengcopy alamat link dari file tersebut, dan kita tinggal buat email kepada orang yang kita kirimi dan menambahkan link tersebut pada email tersebut.

 

Dengan cara seperti ini, penerima email bisa mendownload file yang kamu bagikan melalui link tadi. Dan berikut 5 layanan berbagi file yang bisa kamu gunakan.

 Baca Juga: 7 Aplikasi & Web Menjual Akun Game

1. Google Drive

Jika kamu adalah pengguna Google, ketika hendak mengirimkan file berukuran besar melalui email paling enak adalah dengan menggunakan Google Drive yang mana ini adalah Penyimpanan Awan milik Google. Melalui Google Drive versi gratis, kita bisa menyimpan file sampai 15 GB untuk versi gratis, dan 2 TB versi berbayar.

 

Google Drive sebenarnya sudah sangat populer, umumnya aplikasi ini digunakan banyak orang untuk menyimpan berbagi file dimulai dari foto, dokumen dari Google Doc, Spreadsheet, dan file-file lainnya.

 

Untuk menggunakan Google Drive sebagai file sharing, kita hanya perlu mengupload, dan membagikan file tersebut melalui menu "Bagikan" kita bisa mengundang orang yang hendak kita kirimi file melalui email atau menyalin linknya.

 

2. Jumpshare

Aplikasi untuk kategori percakapan sebenarnya sangat banyak, jika kita di Indonesia terbiasa menggunakan WhatsApp untuk chatting harian, di belahan dunia sana, ada juga yang memilih menggunakan Jumpshare untuk memudahkan komunikasi.

 

Jumpshare sendiri merupakan platform percakapan visual yang mengkombinasikan berbagai media dimulai dari File Sharing, screen recording, sampai dengan screenshot layar.

 

Untuk versi gratis, kita hanya diberikan space 2 GB saja, sedangkan limit pengirimannya adalah 250 MB. Jika Google Drive kamu sudah penuh, Jumpshare bisa menjadi alternatif.

 

3. WeTransfer

Cara kirim file besar lewat email, baik gmail atau outlook yang ketiga adalah dengan memanfaatkan WeTransfer, merupakan platform yang berdiri pada tahun 2009 dari Amsterdam Belanda.

 

Yang enak dari WeTransfer adalah kita bisa memanfaatkan layanan mereka secara gratis, melalui beragam pilihan, yakni melalui aplikasi dan website.

 

Jika ingin melalui web, kita hanya perlu mengunjungi webnya di wetransfer.com dan lihat pada bagian sebelah kiri, ada form untuk upload file, dan kita hanya perlu mengisi email penerima, email kamu, judul file yang kami kirim, dan pesan.

 

Jika semua telah kita isi, kita tinggal klik menu "Transfer". Platform ini akan memberikan kita space sampai 2 GB, sedangkan untuk kategori filenya beragam, mulai foto, video, dokumen seperti PDF, atau file lainnya.

 

4. OneDrive

Keempat ada OneDrive yang sebenarnya platform ini mirip dengan Google Drive, yang mana ini merupakan aplikasi penyimpanan awan yang memungkinkan kita untuk menyimpan file kita di cloud computing agar bisa berbagi dan mengakses secara online.

 

Ini adalah Penyimpanan Awan milik Microsoft dimana pada versi gratis kita akan diberikan ruang penyimpanan sampai 5 GB, jika membutuhkan space yang lebih besar, kamu bisa menggunakan versi berbayar.

 

Untuk fungsi dan kegunaan, secara umum aplikasi ini kurang lebih sama dengan Google Drive. Sedangkan untuk menggunakan OneDrive, kita membutuhkan akun dari Microsoft, hal ini karena OneDrive sendiri adalah aplikasi milik dari Microsoft.

 

Secara kapasitas penyimpanan, Google Drive sebenarnya lebih unggul, namun jika kamu menginginkan alternatif dari Google Drive, OneDrive bisa jadi solusi.

 

5. Dropbox

Masih belum menemukan yang kamu butuhkan? inilah rekomendasi terakhir, ada Dropbox yang mana ini juga cukup terkenal dikalangan pekerja. Dropbox sendiri juga sama seperti Google Drive dan One Drive, yang ini adalah aplikasi penyimpanan awan, dimana fungsi dan cara kerja kurang lebih sama.

 

Namun dalam segi kompatibilitas, Dropbox jauh lebih baik dibandingkan dua aplikasi tersebut. Aplikasi yang satu bisa kita gunakan hampir diseluruh platform, dimulai dari Windows, Mac, Linux, Android, sampai dengan iOs. Kekurangannya, aplikasi ini hanya menyediakan 2 GB saja untuk versi gratisnya.

Baca Juga: 7 Aplikasi Membuat Komik Gratis

Bagaimana? sekarang kamu sudah bisa mengirim file berukuran besar lewat email bukan? Pilih aplikasi file sharing yang ingin kamu gunakan, lalu copy link menuju file tersebut, dan kirim melalui email. Mudah bukan?

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Google News

Ikuti typograp.com di instagram

Advertisement