-->

7 Cara Jitu Memperbaiki & Menaikan IPK yang Jelek

Juni 20, 2024

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan nilai yang digunakan untuk mengukur prestasi akademis mahasiswa selama menjalani pendidikan di perguruan tinggi. Semakin tinggi nilai IPK seseorang, maka bisa dibilang mahasiswa tersebut memiliki tanggung jawab yang tinggi dan secara akademis, ia juga memiliki prestasi yang membanggakan.

 

Setiap mahasiswa tentu ingin memiliki IPK akhir yang tinggi, namun karena satu dan lain hal, misalnya tidak terlalu serius, dan sering bolos, membuat IPK semester awal mereka jelek. Meski IPK tidak selalu digunakan sebagai faktor seseorang diterima kerja atau tidak, memiliki IPK yang tinggi tentu lebih menguntungkan.

 

Baca Juga: Pengertian Tools: Arti, Fungsi, dan Contoh

 

Apalagi jika kamu ingin menekuni karir dalam dunia pendidikan, kedokteran, atau peneliti, maka IPK yang tinggi akan sangat membantu mu dalam menapaki setiap proses didunia kerja nanti.

 

Lalu bagaimana cara menaikan IPK di semester akhir? apakah memungkinkan untuk dilakukan? simak panduan dari typograp.com berikut ini.

 

Apakah IPK Jelek Bisa Naik Lagi / Diperbaiki?

Seperti yang kita tahu, IPK merupakan Indek Prestasi yang perhitungannya menggunakan metode kumulatif, yakni IP semester 1 sampai semester 8 dijadikan satu lalu dibagi, sesuai dengan jumlah semesternya.

 

Dengan demikian, jika nilai IPK kamu jelek, dan ingin melakukan perbaikan atau menaikan nilai tersebut, maka hal ini bisa kita lakukan.

 

Jika saat ini kamu masih di semester awal, cara termudah untuk memperbaiki IPK adalah dengan memastikan, di semester berikutnya kamu mendapatkan IP yang bagus, itu artinya kamu harus meraih nilai bagus untuk setiap mata kuliah yang sedang kamu tempuh.


Namun jika saat ini kamu sedang berada di semester akhir, dan ingin menaikan IPK, maka kamu bisa mengulangi mata kuliah yang nilainya jelek, dan memastikan pada pengulangan tersebut mendapatkan nilai yang lebih baik dari nilai sebelumnya.

 

Cara Memperbaiki & Menaikan IPK yang Jelek

Cara Memperbaiki & Menaikan IPK yang Jelek

Melalui pembahasan diatas kita sudah tahu bahwa memperbaiki nilai IPK yang jelek itu memungkinkan untuk dilakukan. Selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana cara memperbaiki IPK yang jelek.

 

Pembahasan kali ini akan kita bagi menjadi 2 segmen, yakni Perbaikan Wajib, dan Tips Perbaikan Nilai untuk mendapatkan IP Semester yang lebih baik. Baca sampai habis, agar tidak ada yang terlewat.


*Perbaikan Wajib

1. Memperbaiki Nilai IP Semester Berikutnya

Jika kamu saat ini masih berada di semester awal, atau seluruh semester belum kamu jalani, peluang untuk melakukan perbaikan IPK sebenarnya masih terbuka lebar. Karena IPK perhitungannya menggunakan metode kumulatif, maka nilai bagus di semester berikutnya akan membuat IPK kalian naik.

 

Apalagi jika kamu berhasil mendapatkan nilai A pada mata kuliah dengan bobot SKS paling tinggi, ini akan mampu meningkatkan nilai IPK akhir kamu dengan signifikan. Jadi, pastikan semester berikutnya kamu mendapatkan IP yang bagus, caranya tentu dengan mendapatkan nilai terbaik pada setiap mata kuliah.

 

Ini sifatnya wajib, jika semester berikutnya kamu mendapatkan nilai jelek lagi, maka perbaikan IPK di masa yang akan datang, akan jauh lebih berat.

 

*Perbaikan Wajib

2. Mengulangi Mata Kuliah Nilai Jelek

Cara yang kedua ini bisa kamu lakukan jika kamu sudah berada di semester akhir. Jika kamu merasa, ada beberapa mata kuliah di semester sebelumnya yang nilainya jelek, misal C, D, E, dan kamu merasa bisa melakukan perbaikan pada mata kuliah tersebut, kamu bisa mengulangi mata kuliah tersebut.

 

Jika pada akhirnya kamu bisa melakukan perbaikan nilai, misalnya dari D ke A, maka secara otomatis IPK akhir kamu juga akan meningkat.

 

Namun jika kamu tidak berhasil melakukan perbaikan setelah pengulangan, IPK kamu akan tetap seperti sebelumnya, dan kamu akan rugi waktu dan uang semester. Jadi pastikan, lakukan pengulangan pada mata kuliah yang bisa kamu perbaiki.

 

*Tips Perbaikan Nilai

3. Ambil Seluruh Sisa SKS

Pada semester 6-7, biasanya jumlah mata kuliah wajib yang harus kita tempuh sudah berkurang, dan pada setiap semester, mahasiswa idealnya diberikan 22-24 SKS, tergantung nilai IP terakhir yang mereka dapatkan.

 

Jika mata kuliah wajib yang kamu miliki saat ini hanya berjumlah 18 SKS, dan kamu memiliki jatah 24 SKS, manfaatkan sisa SKS tersebut untuk mengulangi mata kuliah di semester sebelumnya, yang nilainya jelek, dan pastikan kamu bisa melakukan perbaikan pada mata kuliah tersebut.

 

4. Pahami Dosen Kamu

Perlu kita ingat bahwa Nilai mata kuliah itu yang memberikan adalah Dosen, biasanya di awal perkuliahan dosen akan memberikan informasi bagaimana mereka menentukan nilai, misal keatifan berapa %, akademis berapa %, dan seterusnya.

 

Pahami hal ini, dan ikuti bagaimana cara dosen tersebut memberikan nilai, dengan tujuan akhir untuk mendapatkan nilai yang lebih baik.

 

Selain itu, kamu juga bisa bertanya kepada kakak semester terkait dosen tersebut, dan gunakan informasi tersebut untuk mendapatkan nilai terbaik, misalnya jika dosen yang bersangkutan terkenal pelit nilai, maka kita harus bersungguh-sungguh terkait tugas atau aturan lain yang dosen tersebut berikan.

 

5. Selalu Masuk Kelas

Ini tentu saja sifatnya wajib, jika kamu ingin mendapatkan nilai yang bagus pada mata kuliah tertentu, setidaknya kita harus selalu hadir dan mengikuti kelas dari mata kuliah tersebut.

 

Apalagi, dalam beberapa kasus, ada dosen yang mewajibkan mahasiswanya untuk memenuhi persyaratan kehadiran beberapa % untuk mengikuti UTS atau UAS.

 

Dengan selalu masuk kelas, setidaknya kamu sudah memiliki tiket untuk bisa memahami materi dengan lebih baik, memperbaiki daftar hadir, sampai memenuhi persyaratan ikut UTS.

 

6. Mengerjakan Tugas

Cara lain untuk menaikkan IPK adalah dengan mengerjakan setiap tugas yang diberikan dosen kamu, baik itu tugas individu maupun kelompok, tujuannya tentu untuk mendapatkan nilai yang bagus.

 

Tidak hanya kehadiran, tugas biasanya juga masuk dalam kriteria dalam pemberian nilai mata kuliah. Dengan mengerjakan dan mengumpulkan setiap tugas yang diberikan, setidaknya kita telah memperbesar peluang untuk mendapatkan nilai mata kuliah yang lebih baik.

 

7. Rajin Belajar

Dan tentu saja, cara memperbaiki IPK yang sangat penting adalah dengan lebih rajin dan giat dalam belajar, khususnya pada mata kuliah yang tidak kamu kuasai.

 

Jangan terlalu berlindung dalam kata passion, ini bukanlah waktu yang tepat untuk menggunakan kata tersebut, karena bagaimanapun tujuan kita disini untuk menaikan IPK secara keseluruhan, dan agar tujuan ini tercapai, maka kita harus meningkatkan nilai dari setiap mata kuliah yang kita tempuh, termasuk mata kuliah yang tidak kita kuasai atau tidak kita sukai.

 

NOTE: Cari Tahu IPK Akhir kamu, dengan Kalkulator IPK Online by typograp.com

 

Itulah 7 cara jitu menaikan IPK yang jelek, jadi lebih baik. Perlu diingat bahwa mengulangi mata kuliah yang jelek, dan memaksimalkan nilai mata kuliah di semester berikutnya sifatnya adalah wajib, sedangkan point 3-7 bisa kamu lakukan dengan tujuan mendapatkan nilai mata kuliah yang lebih baik.

 

Tentu saja, kamu bisa menggunakan tips lain, asal hal tersebut bisa membuat nilai mata kuliah kamu menjadi lebih baik.

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Google News

Ikuti typograp.com di instagram

Advertisement