-->

Konversi Terbilang Rupiah Online Angka ke Huruf

Juli 09, 2024

Ingin mengubah angka rupiah dalam huruf, namun tidak tahu caranya? Untuk memudahkan kamu menyelesaikan hal ini, kamu bisa menggunakan tools terbilang rupiah online dari typograp.com. Masukan jumlah rupiah yang ingin kamu ubah, dan klik menu "Konversi", hasil terbilang dalam huruf akan muncul pada bagian bawah. Jadi tunggu apa lagi? silahkan coba tools kami dibawah ini, atau temukan tools bermanfaat typograp.com lainnya.

konversi terbilang online

Konversi Terbilang Online

Apa Itu Terbilang Rupiah Online?

Terbilang Rupiah Online merupakan sebuah alat yang bisa kamu akses secara online untuk mengubah angka rupiah ke dalam bentuk tulisan yang telah kami sesuaikan dengan aturan penulisan yang baik dan benar sesuai dengan PUEBI.

 

Tools ini kami buat dengan menggunakan pedoman tersebut sebagai acuan sehingga menghasilkan tulisan terbilang rupiah yang baik dan benar.

 

Tidak seperti tools lain hanya hanya bisa mengkonversi dalam satuan bulat, pada tools ini kami juga membekalinya agar bisa digunakan untuk mengkonversi bagian sen, dimana untuk hal ini akan dipisahkan dengan koma (,).

Lihat Juga: Kalkulator Inflasi Rupiah Online

Layaknya penulisan rupiah yang baik dan benar, pada bagian kolom masukan, kami juga telah mendesain agar titik yang akan digunakan untuk memisahkan ribuan, jutaan, dan seterusnya akan muncul secara otomatis.

 

Dengan desain yang seperti ini, tools kami akan mampu memberikan pengalaman yang lebih baik dalam mengkonversi rupiah ke terbilang dengan hasil yang akurat.

 

Cara Penulisan Terbilang Rupiah Yang Benar

Tidak hanya sekedar menghadirkan alat konversi terbilang angka ke huruf online, dalam kesempatan kali ini kami juga akan memberikan informasi terkait cara penulisan rupiah yang baik dan benar.

 

Jadi tidak hanya mengetahui hasilnya, kamu juga tahu kenapa harus ditulis demikian. Berikut beberapa aturan penting yang harus kamu ketahui:

 

1. Rp Harus Ditulis versi Pelafalan

Ketika kita hendak menulis terbilang rupiah, maka simbol Rp tidak boleh ditulis dengan simbol Rp seperti penulisan angka, namun harus ditulis dalam versi pelafalan, yakni "Rupiah". Misalkan kamu akan menuliskan terbilang Rp1.000,00. Maka penulisan terbilang yang benar adalah "Seribu Rupiah".

 

Seribu Rupiah = Benar
Rp Satu Ribu = Salah

 

2. Boleh Ditulis Kombinasi

Alat yang kami buat di atas hanya menggunakan satu metode saja, yakni mengubah angka ke huruf. Namun penulisan terbilang rupiah juga memperbolehkan kita mengkombinasikan antara penggunaan huruf dan angka, khususnya pada nominal yang terlalu besar, misalkan trilliun.

 

Metode ini bisa kamu lakukan dengan cara menuliskan Simbol ((Rp) tanpa titik) angka awal, dan huruf. Misalkan untuk Rp 5.000.000.000.000,00. Maka kamu bisa menuliskannya menjadi Rp 5 Triliun.

 

Rp 5 Trilyun = Benar
Rp. 5 Trilyun = salah

 

3. Pilih Salah Satu Format, dengan Pengecualian

Pada dasarnya, penulisan terbilang rupiah hanya bisa kita lakukan dengan beberapa format saja, yakni angka saja, tulisan, campuran, dan kita harus memilih salah satu. Namun aturan ini masih memiliki pengecualian, dimana jika digunakan pada dokumen resmi seperti akta atau kuitansi, maka harus ditulis dengan format angka dan huruf terbilangnya.

 

Contohnya seperti dibawah ini:

 

Telah dibayarkan sejumlah uang sebanyak Rp3.000.000,00 (tiga juta rupiah) untuk pembayaran 1 unit handphone.

 

Cara Penulisan Nominal Rupiah

Alat terbilang online sudah kami bagikan, aturan terkait cara menulis terbilang juga sudah kami bagikan, agar kamu memiliki pemahaman yang lebih lengkap, kami akan membahas tentang cara penulisan rupiah dalam format normal. Berikut beberapa hal yang harus kamu tahu:

 

1. Simbol Pada Bagian Depan

Ketika kita hendak menuliskan nominal rupiah, maka simbol rupiah yakni Rp, harus ditulis pada bagian depan. Contohnya jika kita ingin menulis Seratus Ribu Rupiah, maka dalam nominal, haruslah ditulis dengan Rp100.000,00

 

2. Tidak Ada Spasi

Jika kamu jeli, kamu akan menemukan fakta bahwa penulisan nominal seratus ribu rupiah pada point satu, kami tidak menggunakan spasi. Yap, antara simbol Rp dengan Angka, langsung kami satukan, dan memang aturan yang benar adalah demikian.

 

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari adanya kecurangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti menambahkan angka didepan setelah Rp.

 

3. Titik Sebagai Pemisah

Hal lain yang tidak kalah penting dalam penulisan nominal adalah menggunakan titik sebagai pemisah angka ribuan, jutaan, miliar, dan triliun. Jadi setiap tiga angka, kita harus menambahkan satu simbol titik sebagai pemisah.

Lihat Juga: Cek Ukuran Pixel Foto Online

4. Tambahkan Bagian Sen

Bagian sen sebaiknya juga kita tulis dengan jelas, yakni merupakan dua angka setelah koma. Misalkan nominal yang kamu tulis bulat, yakni Seratus Ribu Rupiah, maka penulisannya akan seperti ini Rp100.000,00.

Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Google News

Ikuti typograp.com di instagram

Advertisement