-->

Review Pintu Crypto: Fee, Kelebihan, Kekurangan

Agustus 07, 2024

Diantara sekian banyak aplikasi crypto exchange di Indonesia yang ramah untuk pemula, pintu bisa dibilang aplikasi yang cukup sering direkomendasikan. Tidak jauh berbeda dengan exchange lain yang umumnya hadir dalam dua versi, yakni website dan aplikasi, pintu juga memiliki dua medium ini untuk trading dan investasi crypto.

 

Meluncur pertama kali pada tahun 2020 dan dikelola oleh PT. Pintu Kemana Saja, ini bisa menjadi pilihan untuk memulai perjalanan investasi kalian, khususnya untuk kalian yang masih pemula.

 

Untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto di aplikasi pintu, dan ingin mengetahui bagaimana review dari aplikasi yang satu ini, silahkan simak review dari typograp.com kali ini. Kami akan membahas terkait Fee, fitur, kelebihan, dan kekurangan dari aplikasi pintu.

 

Apa itu Aplikasi Pintu?

review aplikasi pintu

Pintu merupakan sebuah aplikasi crypto exchange yang bisa kita gunakan untuk membeli, menyimpan, dan menjual mata uang kripto di Indonesia yang memiliki kantor pusat di Jakarta. Berdiri pertama kali pada bulan April 2020, aplikasi ini di pelopori oleh Jeth Soetoyo yang bisa di unduh dalam berbagai handphone dengan sistem operasi iOs dan Android.

Baca Juga: Review Indodax: Fee, Kelebihan, Kekurangan

Apakah kamu sudah familiar dengan nama tokocrypto dan Indodax yang biasa digunakan untuk membeli dan menjual bitcoin, ethereum, dan solana?

 

Aplikasi pintu merupakan aplikasi sejenis. Jika kamu lebih nyaman trading menggunakan aplikasi, kamu bisa menginstallnya di playstore atau appstore. Namun jika kamu ingin trading di desktop, kamu juga bisa login via websitenya pada fitur pintu pro.

 

Apakah Aplikasi Pintu Aman?

Tidak jauh berbeda dengan aset investasi lain, keamanan tentu juga menjadi prioritas para calon investor crypto. Namun apakah aplikasi pintu aman? Untuk hal ini, ada beberapa hal yang bisa kita jadikan acuan, dimulai dari izin, sertifikasi, dan juga standar yang digunakan aplikasi pintu.

 

Aplikasi Pintu melalui PT Pintu Kemana Saja sudah terdaftar dan di awasi oleh Bappebti melalui izin bernomor 003/BAPPEBTI/CP-AK/02/2020 yang didapatkan pada 2020-02-04. Btw, Bappebti merupakan lembaga pemerintah yang saat ini mengatur perdagangan aset kripto.

 

Sedangkan untuk keamanan cyber, Pintu juga telah mendapatkan setidaknya dua sertifikasi yakni ISO 27001 dan juga ISO 27017. Untuk aset, tercatat Pintu juga memberikan keamanan pada kustodian, dimana aset milik pelanggan akan disimpan pada Fireblocks, merupakan salah satu kustodian kelas dunia.

 

Keamanan lain yang disediakan oleh pintu adalah akses Biometrik dan juga autentikasi 2 langkah. Dengan mempertimbangkan beberapa hal diatas, maka bisa kita simpulkan bahwa Pintu merupakan salah satu aplikasi crypto yang cukup aman.

 

Fitur

Bagaimana dengan fitur yang ada di aplikasi ini? Berikut beberapa fitur unggulan yang menurut kami penting untuk kamu ketahui:

 

๐Ÿ“ข Pintu Web3

Merupakan crypto wallet yang bisa kita gunakan untuk mengakses dApps dan mengelola aset crypto atau NFT yang kita miliki.

 

๐Ÿ“ข PTU Token

Merupakan token berjenis ERC-20 yang dimiliki oleh aplikasi pintu kepada para komunitasnya.

 

๐Ÿ“ข Pintu Earn

Fitur staking aset crypto dengan pilihan cukup banyak, dimulai dari flexi earn yang bisa ditarik kapanpun, sampai locked Earn dengan pilihan jatuh tempo beragam.

 

๐Ÿ“ข Pintu OTC

Layanan pembelian aset kripto dalam jumlah besar pada harga terbaik yang dilakukan oleh dua pihak, diluar bursa, dimana pintu berperan sebagai pialangnya.

 

๐Ÿ“ข Pintu Pro

Pada versi standar, aplikasi pintu akan langsung menampilkan fitur yang didesain untuk pemula. Pada Pintu Pro, kamu bisa menemukan bursa crypto yang lebih advance, dimana ada orderbook, dan indikator penting lain dalam trading.

 

Fee Pintu

Bagaimana dengan fee untuk trading, deposit, dan penarikan saldo dari aplikasi pintu? Berikut detail fee transaksinya:

 

Fee DepositGratis
Fee TradingGratis
Fee WithdrawalRp4.500

 

Kelebihan

Setelah melihat aplikasi pintu, dan membandingkan dengan aplikasi lain, berikut beberapa kelebihan dari aplikasi pintu yang membuatnya semakin menarik:

 

✅ Ramah Pemula

Dengan warna utama putih, aplikasi pintu memang hadir dengan segala kesederhanaannya dan sangat mudah untuk digunakan, baik untuk pembelian atau penjualan aset crypto. Segala menu utama yang mereka miliki tersaji lengkap pada halaman utama, dan mudah untuk ditemukan.

 

Terlebih, untuk saat ini baik pada mode pintu atau pintu pro, sepertinya hanya menyediakan trading dengan pair rupiah saja. Ini akan sangat memudahkan seorang pemula yang umumnya kesulitan memahami sistem trading dengan menggunakan pair. Jika kamu baru mengenal crypto, aplikasi pintu sangat ramah untuk kalian.

 

✅ Trading Fee Gratis

Berbeda dengan exchange lain yang membebankan fee pada saat nasabahnya melakukan trading, di aplikasi Pintu tidak banyak fee yang dibebankan kepada kita. Satu-satunya fee yang harus kita bayar adalah fee untuk withdrawl, yakni sebesar Rp. 4.500 per penarikan saldo.

 

Sedangkan untuk deposit, pembelian, penjualan, baik menggunakan sistem taker atau maker bisa kita lakukan dengan biaya Rp. 0. Namun untuk biaya pajak tentu saja harus kita bayarkan.

 

✅ Bisa Staking

Salah satu hal yang membuat banyak anak muda tertarik untuk investasi di crypto adalah bisa melakukan staking. Adanya staking, crypto mirip dengan saham yang juga memungkinkan kita mendapatkan deviden jika memegang dalam jangka waktu lama.

 

Namun sistem staking ini sebenarnya mirip dengan deposito, kita akan mengunci aset kripto yang kita miliki, sebagai imbalan, kita akan mendapatkan bunga.

 

Di pintu, fitur ini dinamakan Pintu Earn, yang pilihannya juga beragam, ada yang Fleksibel, bisa kita tarik kapanpun, dan ada juga sistem lock yang mengharuskan kita untuk mengunci pada periode tertentu.

 

✅ Pilihan Coin Lengkap

Dibandingkan dengan exchange lain, memang Pintu memang masih kalah dalam jumlah koleksi koin, dan sebenarnya cukup banyak pihak yang menyesalkan hal ini. Namun menurut kami, pilihan koin yang dimiliki pintu sudah cukup, terlebih koin-koin utama dengan transaksi cukup ramai seperti BTC, ETH, SOL, tersedia disini.

 

✅ Referral Menjanjikan

Tidak jauh berbeda dengan exchange lain, aplikasi pintu juga memiliki program referral, dimana kita bisa mengajak teman untuk bergabung ke aplikasi pintu, dan sebagai imbalannya, kita akan diberikan hadiah untuk setiap transaksinya.

 

Ya, meski fee penjualan dan pembelian di pintu gratis, namun kita bisa masih bisa mendapatkan hadiah dari setiap transaksi dari orang yang kita ajak.

 

Tidak hanya itu saja, program referral aplikasi pintu memiliki sistem downline dimana komisi tidak hanya berlaku untuk orang yang kita ajak saja, namun jika orang yang kamu ajak tersebut mengajak temannya juga, kita juga akan mendapatkan komisi dari setiap transaksi mereka.

 

Kekurangan

Meski aplikasi pintu memiliki banyak kelebihan yang cukup menggiurkan, namun mereka juga memiliki kekurangan yang harus kita perhatikan. Menurut kami, berikut beberapa kekurangan yang harus kamu jadikan pertimbangan:

 

⚠️ Pilihan Pair Terbatas

Crypto exchange seperti TokoCrypto dan Indodax memiliki pair yang beragam. Pair sendiri adalah lawan yang kita gunakan untuk transaksi, misalnya BTC/USDT, BTC/IDR, BTC/ETH, dan masih banyak lagi lainnya. Di aplikasi pintu, pilihan pair yang tersedia hanya IDR saja, jadi kita hanya bisa trading di pair BTC/IDR. ETH/EDR, dan lain sebagainya.

 

Untuk kamu yang ingin melakukan transaksi dalam jumlah besar, mungkin akan sedikit kesulitan, karena pair IDR sendiri likuiditasnya cukup kecil, dibandingkan dengan pair USDT. Namun jika transaksi kita dibawah 100 juta, pair IDR sepertinya bukan masalah yang besar.

 

⚠️ Spread Tinggi

Spread sendiri merupakan jarak antara harga jual dan beli, dan bisa dibilang ini merupakan salah satu keuntungan exchange dalam menghadirkan transaksi jual beli aset kripto. Jadi meski aplikasi pintu tidak membebankan fee taker dan maker, mereka bisa mendapatkan untuk dari spread ini, atau selisih harga jual dan beli ini.

 

Aplikasi pintu memiliki spread yang relatif lebih tinggi dibandingkan aplikasi lain. Selain itu, harga beli dan harga jual di pintu masih kurang kompetitif dibandingkan dengan exchange lain.

 

Itulah review kami untuk aplikasi pintu yang bisa kita gunakan untuk investasi crypto, dimulai dari fitur, fee, kelebihan, hingga kekurangannya. Jika kamu memang seorang pemula, dan berniat melakukan investasi, aplikasi pintu bisa menjadi pilihan yang cocok. Namun jika kamu ingin trading jangka pendek, aplikasi pintu kurang cocok, karena spread yang mereka memiliki lumayan tinggi.

Baca Juga: Review TokoCrypto: Fee, Kelebihan, Kekurangan

Jika tertarik mendaftar di aplikasi pintu, silahkan gunakan kode referral dari typograp.com untuk mendapatkan hadiah cashback sebesar 0.004% dari setiap transaksi yang kamu lakukan.

@rndic
kode referral pintu
Berhasil disalin!
Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Google News

Ikuti typograp.com di instagram

Advertisement