TypograpBlog

Secara harfiah, usaha berarti adalah sebuah tindakan yang dilakukan manusia untuk mendapatkan sesuatu dari yang mereka inginkan. Jika berbicara mengenai sebuah usaha, maka kata ini sangat identik dengan bisnis.

Sebenarnya kita sudah biasa melihat usaha dagang, karena ini adalah salah satu bentuk usaha yang ada dimana-mana dan tidak membutuhkan banyak perizinan, sehingga semua orang bisa melakukannya. Namun sebenarnya apa itu usaha dagang? Dan seperti apa contoh usaha dagang yang ada disekitar kita? Yuk simak artikel kita kali ini.

Apa itu Usaha Dagang?

Usaha Dagang adalah sebuah bentuk usaha yang kegiatan utamanya berupa membeli dan menjual kembali produk atau jasa tanpa mengubah barang yang sudah dibeli yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Sedangkan menurut Pasal 5 dan 18 KUHD, usaha dagang adalah salah satu bentuk usaha yang masuk dalam kategori perusahaan perorangan, yakni sebuah usaha yang dimiliki dan umumnya dijalankan oleh satu pengusaha saja.

Usaha dagang biasanya juga disingkat sebagai UD, dalam hal ini pemilik usaha akan menjadi perantara antara pihak yang memproduksi produk dan pihak yang membutuhkan produk.

Baca Juga: Pengertian Tools dan Contoh-contohnya

Tidak seperti PT, salah satu keuntungan mendirikan usaha dagang adalah memiliki pilihan yang sangat fleksibel terkait usaha dan barang yang akan dijual. Pemilik usaha dagang bisa fokus menjual satu produk saja, banyak produk sekaligus, baik secara grosir maupun eceran.

6 Contoh Usaha Dagang

Menurut pengertian diatas, maka sebuah usaha yang bisa dikatakan usaha dagang adalah sebuah usaha yang kegiatan utamanya adalah membeli dan menjual kembali sebuah produk, tanpa mengubah barang yang akan dijual. Nah kata kuncinya disini, yakni tidak mengubah barang yang diperdagangkan. Lalu apa saja contoh usaha dagang di Indonesia? Berikut 10 contoh yang kami sudah kami rangkum.

  • Penjual Sembako: Apakah disekitar rumah kamu ada orang yang memiliki usaha menjual sembako seperti beras, gula, dan kebutuhan pokok lainnya? Nah usaha seperti ini juga bisa disebut sebagai usaha dagang.
  • Penjual Pakaian: Coba kamu perhatikan, apakah orang yang menjual pakaian mereka memproduksi sendiri pakaiannya? Kebanyakan tidak, mereka membelinya dari pabrik atau produsen, yang selanjutnya dijual kepada orang-orang. Usaha ini termasuk contoh usaha dagang.
  • Penjual Pulsa: begitupun dengan orang yang menjual pulsa, ini adalah salah satu bentuk usaha perdagangan, karena mereka membeli pulsa dari server pulsa, lalu menyalurkan kepada pihak yang membutuhkan disekitar rumahnya.
  • Penjual Elektronik: Orang yang mendirikan usaha yang berfokus pada barang-barang elektronik seperti handphone dan barang eletronik juga termasuk salah satu contoh usaha dagang. Hal ini karena mereka adalah perantara dari produsen ke konsumen.
  • Penjual Alat Tulis: biasanya disekitaran sekolah atau universitas terdapat pihak yang fokus menjual alat tulis seperti buku, bolpoin, dan sebagainya. Jenis usaha ini termasuk usaha dagang juga dimana keuntungan mereka dapat dari selisih harga beli dan jual.
  • Toko Kelontong: Toko-toko yang menjual berbagai barang harian dan juga makanan termasuk kedalam usaha dagang, hal ini karena mereka juga menjual barang-barang yang tidak diproduksi sendiri, meskipun barang diperjual belikan sangat beragam.

Itulah pengertian dan juga contoh UD atau usaha dagang, yang sebenarnya tidak sulit untuk kita temukan disekitaran rumah. Selain beberapa hal yang kami sebutkan diatas, masih banyak contoh usaha lain yang juga masuk kedalam usaha dagang. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik kami lainnya.

View Comments

There are currently no comments.

Next Post