TypograpBlog

Sedang mengerjakan tugas tentang laporan praktikum uji makanan karbohidrat? namun bingung gimana membuatnya dan harus memulai dari mana? jangan kuatir, karena dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan contohnya untuk anda.

Laporan Praktikum Uji Makanan Karbohidrat Lemak dan Protein

Contoh Laporan Praktikum Uji Makanan Karbohidrat Lemak dan Protein

[COVER]

A. Tujuan

Tujuan dilakukan praktikum untuk uji makanan karbohidratini adalah sebagai berikut:

  1. Mengetahui secara detail mengenai kandungan di dalam makanan.
  2. Menguji keberadaan kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa pada jenis makanan tertentu melalui pengujian.

B. Dasar Teori

Makanan memiliki definisi sebagai bahan yang bisa berasal dari hewan maupun tumbuhan, kemudian dikonsumsi oleh makhluk hidup untuk mendapatkan asupan nutrisi dan juga tenaga. Setiap jenis gizi yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan memiliki fungsi yang berbeda.

Karbohidrat, merupakan sumber tenaga yang didapatkan oleh tubuh dalam keseharian. Adapun makanan yang menjadi sumber karbohidrat contohnya adalah nasi. Protein berfungsi sebagai pendorong pertumbuhan baik pertumbuhan di otak maupun di tubuh.

Lemak, digunakan oleh tubuh sebagai cadangan energi yang nantinya akan digunakan oleh tubuh ketika asupan atau cadangan karbohidrat terbilang kurang. Lebih detailnya, berikut adalah beberapa jenis kandungan dalam makanan yang diperlukan oleh tubuh:

1. Karbohidrat

Karbohidrat yang juga diketahui dengan sebutan sakarida merupakan sekumpulan besar senyawa organik yang tersusun dari atom karbon, hidrogen, dan juga oksigen. Adapun bentuk molekul sederhana dari karbohidrat adalah satu molekul gula sederhana.

Karbohidrat menjadi sumber tenaga yang utama dan bisa diperoleh dari tumbuhan maupun hewan. Karbohidrat juga diketahui sebagai komponen penting dalam struktur tubuh makhluk hidup. Selain itu, karbohidrat juga berfungsi sebagai nutrisi yang menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh.

2. Amilum

Pati dikenal juga dengan istilah amilum dan merupakan salah satu jenis dari karbohidrat kompleks yang tidak larut di dalam air. Wujudnya adalah bubuk putih, rasanya tawar, dan juga tidak berbau. Pati diketahui sebagai bahan utama yang dihasilkan oleh tumbuhan untuk menyimpan kebutuhan glukosa.

3. Glukosa

Glukosa diperlukan oleh tubuh untuk membantu produksi protein dalam proses metabolisme tubuh. Glukosa diserap oleh tubuh melalui pencernaan dan kemudian dialirkan ke dalam peredaran darah. Glukosa atau glikogen juga menjadi sumber energi cadangan yang akan digunakan tubuh ketika memang dibutuhkan.

4. Protein

Protein merupakan akar senyawa organik kompleks yang merupakan polimer dari asam amino yang dihubungkan satu sama lain. Protein kemudian memiliki peran penting di dalam tubuh sebagai pendukung struktur dan fungsi dari semua sel di dalam tubuh.

5. Lemak

Minyak sama artinya dengan lemak, dan masyarakat menyebutnya sebagai minyak nabati atau hewani. Lemak ini kemudian akan berbentuk padat ketika ditempatkan dalam suhu ruang. Berfungsi juga sebagai cadangan energi yang akan diolah oleh tubuh ketika diperlukan.

C. Alat dan Bahan

Berikut beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan laporan praktikum kali ini.

Bahan:

  1. Reagen (lugol, biuret, etanol, dan benedict).
  2. Bahan makanan yang ingin diuji kandungan karbohidratnya (nasi putih, kuning telur, tahu, tempe, dan minyak).

Alat:

  1. Pipet tetes.
  2. Penjepit tabung reaksi.
  3. Lubang porselen.
  4. Tabung reaksi.
  5. Pembakar spiritus.
  6. Pisau.
  7. Papan porselen.
  8. Spatula.
  9. Rak tabung reaksi.
  10. Gelas ukur.

D. Langkah Kerja

Setelah alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, langkah selanjutnya adalah mengerjakan beberapa hal yang diperlukan dalam laporan praktikum kali ini.

  1. Menyiapkan semua alat dan bahan.
  2. Melakukan uji pada bahan makanan.
  3. Percobaan 1: Uji Amilum: Bahan makanan dimasukan ke lumpang porselen dan diberi tetesan lugol. Kemudian dilihat perubahan warnanya.
  4. Percobaan 2: Uji Protein: Bahan makanan yang diuji dihaluskan dalam lumpang porselen kemudian diberi aquades secukupnya. Hasil tumbukan dimasukan lumpang porselen dan ditetesi reagen biuret sebanyak 10 tetes. Lalu diamati perubahan warnanya.
  5. Percobaan 3: Uji Glukosa: Bahan makanan yang diuji dihaluskan dalam lumpang porselen kemudian diberi aquades secukupnya. Hasil tumbukan dimasukan tabung reaksi dan ditetesi reagen benedict sebanyak 10 -15 tetes. Panaskan dengan pembakar spiritus dan dilihat perubahan warnanya.
  6. Percobaan 4: Uji Lemak Kompleks: Menuangkan etanol ke tabung reaksi, tambahkan satu tetes minyak goreng. Jika terbentuk endapan putih maka bahan makanan tersebut mengandung lemak. Jika tidak, maka makanan tersebut tidak mengandung lemak.

E. Hasil Pengamatan

Hasil dari praktikum yang dilakukan adalah sebagai berikut:

Keterangan:
(+) : terdapat kandungan.
(-) : tidak terdapat kandungan.

F. Pembahasan

Berdasarkan pada tabel hasil pengujian di atas berikut adalah jenis zat yang terkandung di dalam makanan:

  1. Protein: Bahan makanan yang diberi tetesan biuret jika mengandung protein akan berwarna biru. Hasil praktikum menunjukan bahwa kandungan protein ada pada telur, tahu, dan juga tempe.
  1. Lemak: Pengujian dilakukan pada bahan makanan dan ketika terbentuk endapan putih maka artinya mengandung lemak. Pada praktikum kali ini, kandungan lemak ada pada minyak goreng.

G. Kesimpulan

Melalui praktikum yang dilakukan, maka bisa ditarik sejumlah kesimpulan dalam uji makanan karbohidrat sebagai berikut:

  1. Bahan makanan yang diberi tetesan biuret jika mengandung protein akan berwarna biru.
  2. Bahan makanan yang diberi tetesan lugol jika mengandung amilum akan berubah warna menjadi ungu, hingga kehitam-hitaman.
  3. Bahan makanan yang diberi tetesan benedict jika mengandung glukosa, maka pada saat belum dipanaskan akan berwarna tosca atau biru. Jika sudah dipanaskan berubah warna menjadi merah bata atau coklat.
  4. Bahan makanan yang membentuk endapan putih maka mengandung lemak.

H. Daftar Pustaka

Aryulina, Diah dkk. 2010. BIOLOGY for Senior High School Grade XI Semester 1. Jakarta : Erlangga.

View Comments

There are currently no comments.

Next Post